Ratu Ini Selain Kejam, juga Terkaya Sepanjang Sejarah, Siapakah Dia?

Sang ratu dari China ini merupakan wanita terkaya sepanjang masa. Permaisuri Wu merupakan wanita paling berpengaruh di dua generasi Dinasti Tang di China. Melansir Time, kekayaan permaisuri ini setara dengan 22,7 persen dari total kekayaan yang ada di dunia. Tapi ternyata, tidak mudah baginya menjadi wanita terkaya dalam sejarah manusia ini. Dia tidak begitu saja menjadi semegah ini, semua itu dilakukan dengan mengucurkan banyak darah.

Ratu Ini Selain Kejam, juga Terkaya Sepanjang Sejarah, Siapakah Dia?
Referensi pihak ketiga
Sebelumnya kaisar China ini naik ke tampuk kekuasaan sebagai selir dari kaisar Dinasti Tang, yaitu Kaisar Taizong yang jauh lebih tua dan anaknya yang juga menjadi kaisar, Gaozong. Setelah kematian Taizong, Wu tetap menjadi permaisuri Kaisar Gaozong. Tapi, demi mendapatkan kekuasaan, Wu bertindak dengan sangat kejam khususnya dalam menghilangkan saingan agar tetap berada di samping Kaisar. Dia juga dilaporkan membunuh putrinya sendiri oleh salah satu permaisuri utama Gaozong, yakni Permaisuri Wang, yang akhirnya dipenjara dan dibunuh.
Setelah Gaozong meninggal, Wu memaksa anaknya sendiri untuk berada di posisi setara dengan kaisar. Sementara dirinya mengendalikan kekuasaan sebagai ibu suri. Namun, dikabarkan dia memanipulasi kesuksesan putranya pada tahun 690 dan memerintahkannya untuk melepaskan dan mengambil kekuasaan sendiri.

Referensi pihak ketiga
Ternyata, taktiknya yang sangat licin ini berdampak positif bagi perekonomian China. Selama 15 tahun periode kepemimpinannya, wilayah kerajaan diperluas domainnya hingga ke Asia Tengah, menjadikannya salah satu yang terbesar di dunia pada saat itu.
Bahkan, kekayaan nasional berkembang berkat perdagangan teh dan sutra dengan peminat dari negara-negara Barat. Lebih dari 300 juta unit mata uang sempat beredar selama Dinasti Tang berdiri.
Sumber dari laman www.economi.okezone.com